Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Adsense

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Terkadang artikel yang dibagikan juga sudah expired, namun sebab masih nongkrong di pencarian masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dibuat pakar Seo, di bawah ini merupakan cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah artikel adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin kamu dapat menciptakan backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu hal penting yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka menjelajahi website kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing user, meski tanpa menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun cara menulis artikel SEO Anda, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Fenomena yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat title konten karena jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak tidak pas dan aneh ketika dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Kalau kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Kamu punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Jika judul Anda kaku dan tidak menarik saat dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari user experiencenya.

Jika kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang anda ulas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat blognya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kalian ke situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat web kawan sebagai blogs yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik ulasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kawan merekomendasikan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari sebuah postingan.

anda malah kudu waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, sobat lagi membuat trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka anda dapat memberi kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Contoh lain kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika anda dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting di tulisan kita.

Namun pada kenyataannya, penulis yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk sisi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kamu dapat menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke robot yang melakukan indeking pada tulisan yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kamu memakai image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang kawan download tersebut. Kalau bisa, kalian juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit potongan image supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa memberatkan loading web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu isi, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel anda menjadikannya artikel yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan artikel kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang canggih


Membuat konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan siap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu membuat tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kawan hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian bisa merajai page one.

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Adsense"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel