Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Teknik penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah expired, tetapi karena masih merajai di pencarian masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah trik membuat artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kita masukkan sebagai poin paling penting karena kami pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi website milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa memakai alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun trik penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Ini harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat judul artikel karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan tampak canggung dan aneh saat dibaca. Tapi jika dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Kalau sobat pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik saat dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas tema secara mendalam.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat takut Serp blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs kawan sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan anda menjual produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai untuk suatu postingan.

sobat malah kudu waspada kalau tingginya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kamu sedang membuat tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Contoh lagi jika anda menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika sobat dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di artikel kamu.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor silau dan langsung pergi karena konten yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu halaman.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama artikel itu.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, anda dapat menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang melakukan indeking di tulisan itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kalian memakai image berasal dari Google, pastikan mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang kawan unduh itu. Jika harus, kalian juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit editan image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel sobat sebagai konten yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar artikel.

Inonasi Keyword ini membuat konten kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang canggih


Membuat konten adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan konten unik dan mampu bersaing menempati page one. Seperti pada artikel yang saya buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada tulisan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu wajar, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan anda hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin pintar, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat dapat merajai page one.

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel