Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Metode menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dari ahli Seo, di bawah ini merupakan tips membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kami masukkan dalam poin dasar karena kami anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon user saat mereka menjelajahi website milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang user klik, dan sebagainya.

Analoginya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing sobat, walaupun tidak menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun trik menulis tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori user experience? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini perlu dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Seringnya website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten karena menyesuaikan dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Seperti contoh judul di atas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat title tulisan sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan canggung dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Kalau kamu pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Jika judul sobat kaku dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, tergantung dari user experiencenya.

Jika Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat konten panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten malah membantu visitor maka silahkan saja.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking webnya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog kalian sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (jika kalian mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari sebuah postingan.

anda malah kudu berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, anda lagi membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kalian bisa memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Serupa di atas, jika kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kamu dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di artikel kamu.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat ruh terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu postingan.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel kurang seni.

Agar lebih mudah, sobat dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau user wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja indeking pada artikel tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian memakai image dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh itu. Jika perlu, kamu juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian isi, tambah besar peluang Google mendeteksi artikel kalian sebagai artikel yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Variasi Keyword ini membuat konten sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Membuat konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang saya buat ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada artikel ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu bagus, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan anda cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google memakai berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel