Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense
Jumaat, 1 Februari 2019
Add Comment
Cara penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun sebab masih nongkrong di page one tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan cara menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling penting dari suatu situs adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.
Maksud dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka menjelajahi website kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tanpa memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun trik penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.
Ini harus dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus karena melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menyusun artikel asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Solusi untuk hal itu.
Bagi sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul Anda kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis konten panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu kurang efektif.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post maka abaikan saja, pasti yang memberi tips tidak update pengalaman SEOnya.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per page ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking blognya jatuh jika memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link sobat untuk web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog sobat sebagai blogs yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan mengenalkan sesuatu).
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah artikel.
sobat malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Contoh, kawan sedang menulis trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lagi jika kawan menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau anda bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. anda juga dapat menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.
Namun dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung tidak suka dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama artikel tersebut.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel menjadi tidak readable.
Untuk mengakalinya, anda dapat memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.
Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke mesin yang bekerja crawling pada artikel tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika kalian menggunakan gambar berasal dari Google, pastikan mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang sobat download itu. Jika bisa, kamu juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit sayatan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang kalian isi, tambah besar peluang Google mengindek konten kalian menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.
Ragam Keyword ini menjadikan konten kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan mampu bersaing di page one. Misalnya pada artikel yang admin buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang kita buat pada konten ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu wajar, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel anda hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, ditambah si raksasa Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kawan dapat segera bersaing di SERP.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun sebab masih nongkrong di page one tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan cara menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling penting dari suatu situs adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.
Maksud dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka menjelajahi website kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tanpa memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun trik penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Responsive design
Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword di Judul Artikel
Ini harus dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus karena melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Gunakan Title yang Clickbait
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menyusun artikel asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Solusi untuk hal itu.
Bagi sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul Anda kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis konten panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu kurang efektif.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Pakai Internal Linking dalam artikel
Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post maka abaikan saja, pasti yang memberi tips tidak update pengalaman SEOnya.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per page ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan
Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking blognya jatuh jika memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link sobat untuk web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog sobat sebagai blogs yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan mengenalkan sesuatu).
7. Sisipkan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah artikel.
sobat malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Contoh, kawan sedang menulis trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lagi jika kawan menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau anda bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. anda juga dapat menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.
Namun dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung tidak suka dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama artikel tersebut.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel menjadi tidak readable.
Untuk mengakalinya, anda dapat memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke mesin yang bekerja crawling pada artikel tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika kalian menggunakan gambar berasal dari Google, pastikan mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang sobat download itu. Jika bisa, kamu juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit sayatan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .
14. Isi Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kalian isi, tambah besar peluang Google mengindek konten kalian menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.
Ragam Keyword ini menjadikan konten kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator artikel yang modern
Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan mampu bersaing di page one. Misalnya pada artikel yang admin buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang kita buat pada konten ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu wajar, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel anda hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, ditambah si raksasa Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kawan dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense"
Catat Ulasan