Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Cara penulisan konten website banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak karya orang.

Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya bisa digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dibuat pakar Seo, di bawah ini merupakan cara menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan bisa memanipulasi backlink atau konten yang menarik namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.

Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka menjelajahi situs kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, maka makin berkualitas isi dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing kita, meski tanpa menggunakan properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun cara menulis artikel SEO Sobat, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini harus dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Seperti contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam membuat ide konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan not readable dan kaku saat dibaca. Namun jika dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Mungkin Anda user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Sesuai


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir peringkat webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs sobat sebagai situs yang keren karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau anda merekomendasikan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu artikel.

kamu malah harus waspada kalau persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kalian sedang menulis tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Contoh lain jika anda menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika sobat bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. sobat juga bisa memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada artikel kamu.

Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang di bidik saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung silau dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic seringnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kawan bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna pokok terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama artikel tersebut.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat artikel menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, sobat bisa menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan membaca tulisan yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang bekerja indeking pada halaman itu.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kamu memakai gambar dari Google, pastikan merubah nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang kalian download tersebut. Kalau bisa, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit editan image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat isi, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kawan sebagai konten yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan artikel kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan artikel unik dan mampu bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian search engine itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel kawan hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kalian dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel