Metode penulisan artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dari master Seo, di bawah ini merupakan cara membuat artikel yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari sebuah website adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.
Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing user, meski tidak memakai produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sehebat apapun tips pembuatan tulisan SEO Anda, jika tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Memasukkan keyword harus dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Fenomena yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Jika kamu bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Isi Internal Linking dalam postingan
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel maka biarkan saja, pasti yang memberi saran tidak update pengalaman SEOnya.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kawan ke web-web authority yang relevan dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs kalian sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu mengenalkan produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk menilai nilai dari sebuah tulisan.
kamu malah harus waspada kalau seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, kamu sedang membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika kawan membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau anda bisa memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada artikel kita.
Tapi dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu postingan.
11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.
Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.
Untuk mengakalinya, anda bisa menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pengguna wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika mendatangi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang melakukan crawling di halaman yang dibuat.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat memakai gambar dari Google, sebaiknya mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang anda download itu. Jika bisa, kalian juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.
14. Isi Media ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang anda sajikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi artikel kalian sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan postingan kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator konten yang modern
Membuat artikel adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan mantap bersaing di page one. Seperti pada artikel yang kita posting ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten postingan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan kalian cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kalian bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Adsense"
Catat Ulasan