9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Teknik menulis artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya bisa dipakai dan ada trik bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dibuat pakar Seo, di bawah ini merupakan cara membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kami masukkan sebagai poin paling penting karena saya pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab selain kontrol kita selaku penulis konten. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna ketika mereka mengunjungi blog sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang user klik, dan sebagainya.

Analoginya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, maka makin menarik isi dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tanpa menggunakan produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun tips penulisan artikel SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku karena tergantung dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun konten asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Mungkin kamu pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Jika judul Anda tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Newbie biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp webnya turun jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kamu ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kawan sebagai web yang bagus karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan anda menjual produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah postingan.

sobat malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Contoh, kawan lagi membuat trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka kalian dapat memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Serupa di atas, jika kamu membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kawan dapat mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di artikel kita.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dilihat aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. sobat bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang seni.

Agar tidak menggangu, anda dapat menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet di google.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari tulisan pada search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada mesin yang melakukan indeking pada tulisan yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang anda unduh itu. Jika perlu, kawan juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit editan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda berikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi tulisan sobat sebagai konten yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing di pejwan. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai alat supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik perhatian search engine itu wajar, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan memakai trik optimasi on-page konten sobat hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kalian bisa merajai page one.

0 Response to "9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel