9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Metode menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali trik bahkan yang sudah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dari master Seo, berikut ini adalah trik membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat bisa membuat backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine milik google.

Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon pengguna saat mereka menjelajahi blog milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang user klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing user, meski tidak menggunakan alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi se-expert apapun cara penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Fenomena yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten karena melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Clickbait


Misalnya contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun title tulisan karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan aneh ketika dibaca. Namun kalau dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Mungkin sobat pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda itu tidak akan tepat.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kalian untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kamu sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kamu mengenalkan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai nilai untuk sebuah postingan.

kawan malah kudu waspada kalau seringnya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Contoh, kamu sedang membuat tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kalian bisa memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lagi jika anda menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau anda bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. sobat juga dapat menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada artikel kamu.

Namun dalam prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan gagasan paling penting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu postingan.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten itu.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kamu bisa memasukkan keyword anda di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user saat googling pada search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang melakukan crawling di halaman tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak sama dengan gambar yang sobat download tersebut. Kalau perlu, kamu juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu ulas, tambah besar peluang Google mendeteksi konten sobat menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang relevan.

Selain itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang canggih


Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan tulisan unik dan kuat bersaing di pejwan. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan tool keren ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari perhatian bot engine itu wajar, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan memakai cara optimasi on-page tulisan kawan hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin modern, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian dapat merajai page one.

0 Response to "9 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel