9 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah expired, tetapi sebab masih ada di pejwan masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dibuat master Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin masukkan sebagai poin paling penting karena admin anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 9 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau judul yang klikable tapi,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kamu. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi website kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing kamu, meski tanpa menggunakan properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun trik pembuatan tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini perlu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 9 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten intinya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Gunakan Judul yang Clickbait


Seperti contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika menyusun ide tulisan karena jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan canggung dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Kalau kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

 9 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika judul sobat tidak jelas dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.

Jika kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu kurang efisien.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 9 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel maka abaikan saja, pasti yang memberi trik kurang update pengalaman SEOnya.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Relevan


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Akibat takut Serp webnya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat web anda sebagai situs yang bagus karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

 9 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kalian menjual produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai untuk sebuah postingan.

sobat malah harus berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, kamu sedang menulis tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka anda bisa memberi istilah-istilah yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 9 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Serupa di atas, jika kawan menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau anda dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga bisa menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting pada artikel kamu.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun dari sisi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. sobat dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ruh terpenting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu postingan.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang seni.

Agar lebih mudah, kawan bisa menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau user wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 9 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke mesin yang bekerja indeking pada artikel tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau anda memakai gambar berasal dari Google, terlebih dahulu merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan image yang sobat unduh tersebut. Jika perlu, kalian juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek artikel kamu menjadikannya konten yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan postingan kamu jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan kuat bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan kawan cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel