9 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan
Selasa, 12 Februari 2019
Add Comment
Metode menulis artikel banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.
Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dari ahli Seo, berikut ini merupakan cara menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam sebuah penulisan adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.

Tentu sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat dapat menggenerate backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kita. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu hal penting yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.
Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon user saat mereka surfing blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing kita, meski tanpa menggunakan produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun trik penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.
Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
Seperti contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun judul tulisan sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan kurang ciamik dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Bagi sobat user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul Anda kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut kurang efektif.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara mendalam.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten maka abaikan saja, pasti yang ngasih saran tidak update pengalaman SEOnya.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir Serp blognya turun kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google akan melihat blog kamu sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan sobat menjual produk/jasa).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi nilai dari suatu postingan.
sobat malah kudu waspada kalau seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, anda lagi menulis tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Serupa di atas, kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kamu dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kawan juga bisa memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.
Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang dituju saja.
Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dibaca tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ide paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu halaman.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama konten itu.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, kamu bisa menyisipkan keyword anda di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada bot yang melakukan indeking pada konten itu.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Kalau anda menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image sobat tidak sama dengan gambar yang anda download itu. Jika bisa, kalian juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang sobat sajikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi tulisan kamu sebagai konten yang mantap di pejwan.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan artikel kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan mampu bertahan di pejwan. Misalnya pada konten yang admin posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai tool canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kalian dapat merajai page one.
Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dari ahli Seo, berikut ini merupakan cara menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam sebuah penulisan adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat dapat menggenerate backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kita. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu hal penting yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.
Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon user saat mereka surfing blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing kita, meski tanpa menggunakan produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun trik penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
3. Gunakan Judul yang Clickbait
Seperti contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun judul tulisan sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan kurang ciamik dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Bagi sobat user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul Anda kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut kurang efektif.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara mendalam.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam konten
Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link tiap postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten maka abaikan saja, pasti yang ngasih saran tidak update pengalaman SEOnya.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir Serp blognya turun kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google akan melihat blog kamu sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan sobat menjual produk/jasa).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi nilai dari suatu postingan.
sobat malah kudu waspada kalau seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, anda lagi menulis tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Serupa di atas, kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kamu dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kawan juga bisa memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.
Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang dituju saja.
Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dibaca tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ide paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu halaman.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama konten itu.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, kamu bisa menyisipkan keyword anda di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada bot yang melakukan indeking pada konten itu.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Kalau anda menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image sobat tidak sama dengan gambar yang anda download itu. Jika bisa, kalian juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat sajikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi tulisan kamu sebagai konten yang mantap di pejwan.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan artikel kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan mampu bertahan di pejwan. Misalnya pada konten yang admin posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai tool canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kalian dapat merajai page one.
0 Response to "9 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan"
Catat Ulasan