9 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari sebuah situs adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 9 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab selain kontrol kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi website sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik konten dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa menggunakan produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun trik pembuatan artikel SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 9 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara mendalam.

Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang kamu ulas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 9 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Karena khawatir Serp webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kalian untuk web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs kalian sebagai web yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 9 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan menjual produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu artikel.

kamu malah harus waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 9 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, sobat sedang membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 9 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi jika sobat menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau anda bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ruh paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang seni.

Agar tidak menggangu, kalian dapat memasukkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 9 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat user saat googling di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke mesin yang melakukan crawling di artikel itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau anda memakai image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak duplikat dengan image yang anda download itu. Jika perlu, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa memberatkan loading web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat sajikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan kalian sebagai tulisan yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang relevan.

Selain itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan kalian menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel unik dan kuat bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang saya buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang admin buat pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik visitor itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page tulisan anda hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kalian dapat merajai page one.

0 Response to "9 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel