9 Trik Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Cara penulisan artikel di internet memang beragam. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya bisa dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dari ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu artikel adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Trik  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi situs milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing pembaca, walaupun tidak memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun cara pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 9 Trik  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun judul konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi tidak terbaca dan aneh saat dibaca. Tapi jika dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Kalau Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

 9 Trik  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.

Jika kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu artikel yang tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda bahas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link tiap artikel malah membantu user maka silahkan saja.

 9 Trik  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir ranking blognya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat blog anda sebagai web yang keren karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 9 Trik  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau anda mengenalkan sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah artikel.

kalian malah kudu waspada kalau tingginya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Trik  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Contoh, kamu lagi membuat tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 9 Trik  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Contoh lagi kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika kawan dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.

Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat pokok terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat artikel menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, anda dapat menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi untuk user wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 9 Trik  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke mesin yang bekerja crawling pada tulisan itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat menggunakan gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang anda download itu. Jika bisa, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda ulas, semakin besar peluang Google mendeteksi tulisan kamu sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang relevan.

Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan artikel anda jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel unik dan kuat bertahan menempati page one. Seperti pada konten yang admin posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang kita buat pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu baik, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page konten kawan cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin modern, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Trik Membuat Artikel Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel