9 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Cara penulisan artikel di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih merajai di pejwan masih dipakai. Banyak hal yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dari master Seo, di bawah ini adalah trik membuat artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari sebuah website adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen web mana yang user klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kita, walaupun tidak menggunakan alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun trik pembuatan tulisan SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 9 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Fenomena yang sering terjadi di website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak murahan.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

 9 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Karena takut peringkat blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web anda sebagai web yang bagus karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

 9 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian mengenalkan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari sebuah artikel.

sobat malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Misal, anda sedang menulis tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kalian bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 9 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Contoh lagi jika anda membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kamu bisa memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kawan juga dapat menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di artikel kita.

Tapi pada prakteknya, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor bingung dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ide terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu postingan.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan tidak artistik.

Agar tidak menggangu, kamu dapat memasukkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 9 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user saat googling di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang melakukan crawling di konten itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kalian memakai image dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang kawan unduh itu. Jika bisa, sobat juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping image supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian berikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek konten kawan sebagai tulisan yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang relevan.

Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Ragam Keyword ini membuat tulisan anda jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih


Membuat konten adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan mantap bersaing di page one. Seperti pada konten yang saya posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang saya buat pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan memakai trik optimasi on-page postingan kawan cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma bot engine telah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kamu dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel