9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan
Selasa, 19 Februari 2019
Add Comment
Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun sebab masih merajai di pencarian masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dari master Seo, berikut ini adalah trik membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin tuliskan dalam poin paling penting karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.
Maksud dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka mengunjungi situs milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing kita, walaupun tidak menggunakan produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun tips penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.
Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku karena tergantung dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Kalau kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi tips kurang update ilmu SEOnya.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut peringkat webnya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat web kamu sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau sobat mengenalkan sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu postingan.
kamu malah wajib waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, kamu lagi menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Serupa di atas, kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika sobat dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di tulisan kamu.
Namun dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel itu.
Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan kurang indah.
Agar tidak menggangu, anda dapat menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di search engine.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan membaca konten yang sudah dibuat.
Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada robot yang melakukan indeking di halaman yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Jika kawan memakai image dari Google, sebaiknya mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak sama dengan gambar yang anda unduh itu. Jika bisa, kawan juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit sayatan image agar file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.
Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kalian sebagai konten yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu konten.
Inonasi Keyword ini membuat tulisan anda jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan tulisan unik dan siap bertahan menempati page one. Seperti pada konten yang admin posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan tool keren ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya buat pada konten ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari perhatian bot engine itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah artikel yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kalian dapat merajai page one.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun sebab masih merajai di pencarian masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dari master Seo, berikut ini adalah trik membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin tuliskan dalam poin paling penting karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.
Maksud dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka mengunjungi situs milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing kita, walaupun tidak menggunakan produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun tips penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.
2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku karena tergantung dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Kalau kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Pakai Internal Linking dalam postingan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link tiap artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi tips kurang update ilmu SEOnya.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan
Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut peringkat webnya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat web kamu sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau sobat mengenalkan sesuatu).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu postingan.
kamu malah wajib waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, kamu lagi menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Serupa di atas, kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika sobat dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di tulisan kamu.
Namun dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.
11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel itu.
Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan kurang indah.
Agar tidak menggangu, anda dapat menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di search engine.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan membaca konten yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada robot yang melakukan indeking di halaman yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Jika kawan memakai image dari Google, sebaiknya mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak sama dengan gambar yang anda unduh itu. Jika bisa, kawan juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit sayatan image agar file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kalian sebagai konten yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu konten.
Inonasi Keyword ini membuat tulisan anda jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan tulisan unik dan siap bertahan menempati page one. Seperti pada konten yang admin posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan tool keren ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya buat pada konten ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari perhatian bot engine itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah artikel yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kalian dapat merajai page one.
0 Response to "9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan"
Catat Ulasan