9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Metode penulisan konten website di internet memang beragam. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, tetapi hanya akibat masih nongkrong di page one masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dibuat master Seo, di bawah ini merupakan cara membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya tuliskan sebagai poin dasar karena kita anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin kamu dapat membuat backlink atau judul yang menarik namun,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab diluar kontrol kita sebagai penulis konten. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine mereka.

Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi website kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing user, meski tidak memakai properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun trik menulis artikel SEO Sobat, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus karena menyesuaikan dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat judul artikel sebab kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan tidak pas dan kaku ketika dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Mungkin sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Kamu punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine seringnya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika judul kamu kaku dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap konten ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir Serp webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google akan melihat blog kalian sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika anda mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari suatu artikel.

kalian malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, kawan lagi menulis trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Serupa di atas, jika kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika anda dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kamu juga bisa menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik ampuh yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di artikel kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari segi user experience, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca bingung dan langsung pergi karena artikel yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan ruh terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, anda dapat menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke bot yang bekerja crawling pada artikel tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kalian menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak sama dengan gambar yang sobat unduh tersebut. Kalau bisa, anda juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit cropping image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel kalian menjadikannya artikel yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Variasi Keyword ini membuat postingan anda menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Membuat konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan artikel unik dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang saya posting ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada artikel ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan anda hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel