Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, tetapi karena masih merajai di pejwan masih dipakai. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kita tuliskan dalam poin paling penting karena admin anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kawan bisa membuat backlink atau tulisan yang klikable namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena diluar kendali kamu selaku pemilik web. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine mereka.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon user saat mereka surfing situs kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang user klik, dan sebagainya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di website, maka makin berkualitas isi dari web itu.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing sobat, meski tidak menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sekeren apapun cara penulisan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai ratu.
2. Pakai Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title postingan.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di search engine.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda ulas dapat lebih luas dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam konten
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link tiap artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan
Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking blognya jatuh jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web sobat sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kalian merekomendasikan sesuatu).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu postingan.
kawan malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Contoh, sobat sedang menulis tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka sobat dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain jika kawan menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kawan dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kamu.
Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang dituju saja.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk segi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dilihat aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk ruh terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu artikel.
11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel itu.
Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel jadi agak kaku.
Untuk mengakalinya, kalian dapat menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pengguna wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat membuka situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan membaca konten kita.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak bisa membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling di konten tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau sobat menggunakan image dari Google, pastikan mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak sama dengan image yang kawan download itu. Jika perlu, anda juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.
14. Pengunaan Media ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, semakin besar peluang Google mengindek tulisan kawan sebagai postingan yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu artikel.
Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kawan jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator artikel yang canggih
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan mampu bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang admin posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada postingan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten postingan yang SEO friendly guna menarik perhatian search engine itu wajar, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan anda hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin modern, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "9 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan