9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Cara menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan cara menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami masukkan sebagai poin pertama karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena diluar kontrol kamu sebagai penulis konten. So, tidak heran kalau UX menjadi salah satu hal penting yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca ketika mereka surfing situs kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tanpa menggunakan properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun tips menulis artikel SEO Kawan, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini wajib dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Fenomena yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Jika Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian pasti membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis konten panjang cuma agar memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir Serp webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kamu ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog anda sebagai blogs yang keren karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

 9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (jika kawan merekomendasikan sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai dari sebuah tulisan.

kamu malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kawan lagi menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Serupa di atas, jika kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kawan dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga dapat memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di artikel kamu.

Tapi dalam kenyataannya, banyak yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari segi user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung silau dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dibaca kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan pokok paling penting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama konten tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, kawan dapat menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet di search engine.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user saat googling pada search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke bot yang melakukan crawling di halaman tersebut.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang kalian download tersebut. Kalau perlu, sobat juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian ulas, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan kawan menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan siap bertahan di pejwan. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada konten ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan sobat hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian bisa merajai page one.

0 Response to "9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel