9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Teknik penulisan konten website di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dari pakar Seo, di bawah ini merupakan cara menulis artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya masukkan sebagai poin dasar karena kita anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa menciptakan backlink atau judul yang menarik namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena diluar kendali kita selaku pemilik web. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca saat mereka menjelajahi blog sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang user klik, dan sebagainya.

Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di website, itu artinya makin berkualitas konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing kita, walaupun tidak menggunakan properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun trik menulis artikel SEO Anda, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini kudu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak murahan.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar poin yang kamu bahas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post maka abaikan saja, pasti yang memberi tips tidak update pengalaman SEOnya.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs kamu sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kawan merekomendasikan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah postingan.

sobat malah kudu waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kalian lagi menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka kalian dapat memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Contoh lagi jika kamu membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kawan bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang penting pada tulisan kamu.

Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca silau dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ide paling penting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, kamu dapat menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling pada search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada robot yang melakukan indeking di konten tersebut.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan memakai image dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang anda unduh itu. Jika bisa, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan berikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan kamu sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu konten.

Variasi Keyword ini membuat postingan sobat jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan unik dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang saya posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan tool keren ini.

Namun untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada artikel ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari perhatian search engine itu baik, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan memakai cara optimasi on-page tulisan sobat hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin modern, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda bisa merajai page one.

0 Response to "9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel