9 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Cara penulisan artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak trik tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan ada trik bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dari ahli Seo, di bawah ini merupakan cara menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari suatu website adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
9 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab diluar kontrol kamu selaku pemilik web. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan respon pengguna ketika mereka menjelajahi situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Analoginya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tidak menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun trik pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

9 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Kejadian yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Bagi sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine seringnya membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

9 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Kalau judul sobat kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang hanya untuk memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut kurang tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca anda maka silahkan saja.

9 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir Serp webnya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs sobat sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

9 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

External link ke situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kalian menjual produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kalian tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari suatu tulisan.

sobat malah harus waspada jika persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

9 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, anda lagi membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

9 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Contoh lagi kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kamu dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.

Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang di bidik saja.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan pokok paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang indah.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

9 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan indeking di halaman yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika sobat memakai image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak sama dengan image yang anda download itu. Kalau bisa, anda juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel kamu sebagai konten yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan konten anda jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan kuat bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada tulisan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel anda cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin modern, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kamu dapat merajai page one.

0 Response to "9 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel