9 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya dapat diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dibuat master Seo, di bawah ini merupakan cara menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita tuliskan dalam poin paling penting karena kita anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 9 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka surfing blog kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing kamu, walaupun tidak menggunakan produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 9 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Kejadian yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten intinya kata pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Gunakan Title yang Mengundang Klik


Seperti contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika membuat judul konten karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak canggung dan kaku saat dibaca. Namun kalau dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Kalau Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine biasanya membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 9 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau judul Anda tidak jelas dan tidak enak dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap artikel malah memudahkan user maka silahkan saja.

 9 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Sesuai


Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking blognya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog kalian sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 9 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kawan menjual produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu artikel.

kamu malah kudu waspada jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, kalian lagi membuat tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka anda dapat memberi istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 9 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Serupa di atas, kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika anda dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Tapi pada kenyataannya, penulis yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat ide terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu postingan.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama artikel itu.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang indah.

Agar lebih mudah, kamu dapat menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 9 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari tulisan di search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada mesin yang bekerja indeking pada tulisan tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar dari Google, sebaiknya mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak duplikat dengan image yang kawan unduh tersebut. Jika bisa, sobat juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian berikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek tulisan kawan sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Variasi Keyword ini membuat konten kawan menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel unik dan siap bertahan di page one. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang saya buat pada konten ini. Jika kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu baik, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan sobat hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa merajai page one.

0 Response to "9 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel