9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi karena masih ada di pencarian tetap digunakan. Banyak hal yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dibuat master Seo, di bawah ini merupakan tips menulis artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita masukkan sebagai poin dasar karena admin pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat sebab selain kontrol kamu selaku pemilik web. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi blog kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tidak memakai produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun teknik menulis tulisan SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku alasannya melihat dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika menyusun judul tulisan karena jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan tampak canggung dan aneh ketika dibaca. Namun kalau dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Bagi kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih enak dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika judul Anda kaku dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut kurang efektif.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link tiap konten malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir ranking blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web kawan sebagai blogs yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau anda mengenalkan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kalian tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu artikel.

kamu malah kudu waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, kalian lagi menulis tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kalian bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi jika kamu menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau sobat bisa memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.

Namun dalam kenyataannya, banyak yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung silau dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dilihat tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan kurang indah.

Untuk mengakalinya, kalian bisa menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada bot yang melakukan crawling pada halaman itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika anda memakai image dari Google, sebaiknya mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak sama dengan image yang anda download itu. Jika bisa, anda juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat isi, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi konten anda sebagai tulisan yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang canggih


Membuat artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bersaing di pejwan. Seperti pada konten yang saya posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin buat pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu wajar, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan anda cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kalian dapat merajai page one.

0 Response to "9 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel