9 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Teknik penulisan artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, namun karena masih ada di pencarian masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dari pakar Seo, berikut ini merupakan trik membuat artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini saya masukkan dalam poin paling penting karena saya anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau tulisan yang clickbait tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena selain kendali kamu sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi website sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin berkualitas isi dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tanpa menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun tips pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Ini kudu dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 9 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Seringnya blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten karena melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun konten asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Bagi kamu pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian terkadang membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 9 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Kalau judul Anda kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang hanya untuk memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara mendalam.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 9 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Sesuai


Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kamu untuk web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog anda sebagai blogs yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 9 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan anda merekomendasikan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas dari suatu tulisan.

anda malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kamu lagi menulis tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 9 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Serupa di atas, kalau anda menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau anda dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kawan juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada artikel kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan pokok paling penting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, anda dapat menempatkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 9 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke bot yang melakukan crawling pada artikel tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kawan memakai gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang kawan download itu. Jika bisa, kawan juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu isi, semakin mantap peluang Google mengindek konten anda sebagai postingan yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu konten.

Inonasi Keyword ini membuat artikel anda jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bersaing di page one. Misalnya pada konten yang saya buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu membuat tulisan dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel kamu cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat dapat merajai page one.

0 Response to "9 Cara Membuat Artikel SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel