16 Tutorial Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Cara menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan trik membuat artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu penulisan adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kamu dapat memanipulasi backlink atau judul yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena selain kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi website kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun cara menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Ini wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 16 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis artikel panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 16 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena takut ranking blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kalian untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google akan melihat situs kalian sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 16 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (jika kawan mengenalkan produk/jasa).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk suatu artikel.

kalian malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Contoh, kamu lagi membuat trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 16 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Serupa di atas, jika kawan menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kalian bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di artikel kamu.

Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari segi user experience, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung silau dan langsung pergi karena artikel yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu halaman.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kawan dapat menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau pemakai wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 16 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling di search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke robot yang bekerja indeking di tulisan tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat memakai image dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang sobat unduh itu. Kalau perlu, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu isi, tambah mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kamu menjadikannya postingan yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat postingan kalian menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan konten unik dan mantap bersaing di page one. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada konten ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kawan cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat dapat merajai page one.

0 Response to "16 Tutorial Membuat Tulisan Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel