16 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, tetapi hanya akibat masih ada di pencarian tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin masukkan dalam poin dasar karena admin anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau judul yang klikable tapi,, user experience mustahil dimanipulasi karena diluar kontrol kamu selaku pemilik web. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon pengguna ketika mereka surfing blog milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tidak menggunakan properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun trik menulis tulisan SEO Sobat, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Kejadian yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras menulis artikel panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

 16 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Relevan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena khawatir peringkat webnya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog kamu sebagai web yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 16 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi ulasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan anda merekomendasikan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai untuk suatu tulisan.

anda malah kudu waspada kalau seringnya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kawan sedang membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kalian bisa menambahkan kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 16 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Contoh lagi jika anda menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kawan dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kamu juga dapat memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca sakit mata dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan gagasan terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama tulisan itu.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang indah.

Agar lebih mudah, kamu dapat menempatkan keyword sobat di meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 16 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel di search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang bekerja indeking pada tulisan yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau anda menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang kalian download itu. Jika bisa, kawan juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Isi Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan siap bertahan di page one. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk mencari perhatian bot engine itu bagus, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan kawan cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata..."

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel