16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga sudah expired, namun sebab masih ada di pejwan masih digunakan. Banyak hal yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan cara membuat artikel yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya tuliskan sebagai poin paling penting karena admin anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab diluar kontrol kamu sebagai penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca saat mereka surfing website milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, itu artinya makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing user, walaupun tidak menggunakan produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Anda, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Seperti contoh kasus di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam membuat title artikel karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Bagi kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post maka abaikan saja, pasti yang memberi saran kurang update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai


Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking webnya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kalian sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

External link ke situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau kawan merekomendasikan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kalian tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari suatu artikel.

kawan malah kudu waspada jika tingginya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, kamu sedang membuat tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kawan dapat memberi kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Contoh lain jika sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kamu dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kamu juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting di tulisan kita.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor silau dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ide paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, anda bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada mesin yang bekerja crawling pada artikel tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya mengganti nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image sobat tidak sama dengan gambar yang kawan unduh tersebut. Kalau bisa, kamu juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping image agar file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu isi, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan anda sebagai konten yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang relevan.

Selain itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten kamu menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang canggih


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan mampu bersaing di page one. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu baik, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan anda hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, ditambah si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel