16 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas
Khamis, 21 Februari 2019
Add Comment
Metode penulisan konten website di internet memang beragam. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya dapat dipakai dan ada beberapa bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dari ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami tuliskan dalam poin pertama karena admin anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kamu dapat menggenerate backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience sangat susah dimanipulasi karena diluar kendali kamu sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine mereka.
Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca saat mereka mengunjungi blog sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang user klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tidak menggunakan properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Anda, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.
Memasukkan keyword harus dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika Anda user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

Jika judul Anda kaku dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu bersikeras menulis tulisan panjang hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda itu tidak akan tepat.
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, pasti yang ngasih tips kurang update pengalaman SEOnya.
Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per artikel ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat blognya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link anda ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web sobat sebagai blogs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama anda menjual produk/jasa).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari suatu tulisan.
sobat malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kawan sedang membuat trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain jika sobat membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kawan dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana namun salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di tulisan kita.
Tapi pada kenyataannya, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor tidak suka dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat kelihatan amatir.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan pokok terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu artikel.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.
Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan jadi agak kaku.
Untuk mengakalinya, anda bisa menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca konten yang sudah dibuat.
Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang bekerja indeking pada konten itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau anda menggunakan image dari Google, pastikan mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak duplikat dengan image yang kalian unduh tersebut. Kalau perlu, kawan juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang anda sajikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan sobat sebagai postingan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.
Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah di satu tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan konten kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel unik dan siap bertahan di pejwan. Misalnya pada konten yang admin posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik memakai alat canggih ini.
Namun untuk membelinya kawan harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly guna mencari perhatian bot engine itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai cara optimasi on-page postingan anda hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kawan bisa merajai page one.
Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya dapat dipakai dan ada beberapa bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dari ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami tuliskan dalam poin pertama karena admin anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kamu dapat menggenerate backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience sangat susah dimanipulasi karena diluar kendali kamu sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine mereka.
Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca saat mereka mengunjungi blog sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang user klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tidak menggunakan properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Anda, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword harus dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Clickbait
Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika Anda user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

Jika judul Anda kaku dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu bersikeras menulis tulisan panjang hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda itu tidak akan tepat.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total internal link per artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, pasti yang ngasih tips kurang update pengalaman SEOnya.
Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per artikel ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat blognya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link anda ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web sobat sebagai blogs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama anda menjual produk/jasa).
7. Relax dengan Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari suatu tulisan.
sobat malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kawan sedang membuat trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain jika sobat membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kawan dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di tulisan kita.
Tapi pada kenyataannya, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor tidak suka dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat kelihatan amatir.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan pokok terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu artikel.
11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.
Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan jadi agak kaku.
Untuk mengakalinya, anda bisa menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca konten yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang bekerja indeking pada konten itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau anda menggunakan image dari Google, pastikan mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak duplikat dengan image yang kalian unduh tersebut. Kalau perlu, kawan juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web .
14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang anda sajikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan sobat sebagai postingan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.
Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah di satu tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan konten kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator artikel yang modern
Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel unik dan siap bertahan di pejwan. Misalnya pada konten yang admin posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik memakai alat canggih ini.
Namun untuk membelinya kawan harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly guna mencari perhatian bot engine itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai cara optimasi on-page postingan anda hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kawan bisa merajai page one.
0 Response to "16 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas"
Catat Ulasan