16 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Teknik penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah expired, namun karena masih nongkrong di page one tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan cara menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini admin masukkan dalam poin paling penting karena saya anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 16 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu dapat menciptakan backlink atau tulisan yang klikable namun,, user experience mustahil dibuat buat karena diluar kontrol kamu sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka menjelajahi blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tanpa memakai alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik penulisan tulisan SEO Sobat, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Kejadian yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten karena tergantung dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Seperti contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan ketika membuat ide tulisan karena kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan tidka menyatu dan aneh ketika dibaca. Namun kalau dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Kalau sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

 16 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik saat dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda bahas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap konten malah memudahkan user maka silahkan saja.

 16 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi tips tidak update pengalaman SEOnya.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena takut Serp blognya turun jika memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web kalian sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 16 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah postingan.

anda malah harus waspada kalau persentase keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kamu sedang membuat tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 16 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Contoh lagi kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kawan bisa mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kalian juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di artikel kita.

Namun pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna gagasan paling penting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu artikel.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel tidak artistik.

Agar tidak menggangu, kamu dapat menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 16 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari tulisan di search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang melakukan crawling pada tulisan itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kawan menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak sama dengan gambar yang kalian unduh itu. Kalau harus, anda juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa memberatkan loading web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu berikan, tambah besar peluang Google mengindek konten anda sebagai artikel yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu konten.

Ragam Keyword ini membuat tulisan kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan konten unik dan siap bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin buat ini, saya melansir artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Namun untuk membelinya kamu harus membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada konten ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu bagus, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan memakai cara optimasi on-page postingan sobat cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda dapat merajai page one.

0 Response to "16 Trik Membuat Artikel SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel