16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Metode menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Banyak trik mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya bisa dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dari master Seo, berikut ini merupakan trik membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita masukkan dalam poin dasar karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab diluar kendali kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka surfing situs milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di website, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing kamu, walaupun tidak menggunakan alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun cara penulisan artikel SEO Anda, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Ini kudu dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Seperti contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat ide konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan canggung dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Kalau Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca karena nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis konten panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda itu tidak akan tepat.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah konten yang tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda ulas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link per konten malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel maka abaikan saja, pasti yang memberi tips kurang update pengalaman SEOnya.

Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir ranking webnya turun jika memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kawan ke web-web authority yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kalian sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link ke situs yang sesuai dengan topik artikel juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau kawan menjual sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari suatu postingan.

kawan malah wajib berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, sobat sedang membuat tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kalian dapat menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lain kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kawan juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.

Tapi pada kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya cuma pada kata yang dituju saja.

Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dilihat membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna gagasan terpenting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama konten itu.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat artikel jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, kawan dapat menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke robot yang melakukan indeking di halaman itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau anda memakai image dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang kawan download tersebut. Kalau perlu, sobat juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian isi, semakin mantap peluang Google mengindek artikel sobat menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang saya buat ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada konten ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel anda cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda dapat merajai page one.

0 Response to "16 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel