16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari sebuah situs adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin kamu bisa memanipulasi backlink atau judul yang klikable namun,, user experience mustahil dimanipulasi sebab diluar kontrol kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.

Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon pembaca saat mereka menjelajahi blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin berkualitas isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tidak memakai alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun trik menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras menulis konten panjang cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca anda maka silahkan saja.

 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, pasti yang memberi trik kurang update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut Serp webnya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kalian ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat web sobat sebagai web yang bagus karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian menjual produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah artikel.

kalian malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Misal, anda lagi menulis trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Contoh lagi kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kawan juga dapat menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting di artikel kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dibaca membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ide paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu halaman.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama artikel itu.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling di search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada bot yang melakukan indeking pada artikel itu.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kamu memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang anda download tersebut. Kalau perlu, kamu juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu ulas, tambah mantap kemungkinan Google mengindek tulisan sobat sebagai konten yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten kalian jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan artikel unik dan siap bertahan menempati page one. Misalnya pada tulisan yang admin buat ini, saya mengutip konten rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kalian hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kalian bisa merajai page one.

0 Response to "16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel