16 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik penulisan artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun karena masih merajai di page one masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dari ahli Seo, berikut ini adalah tips membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 16 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab selain kontrol kamu sebagai penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.

Arti dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi website milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang user klik, dan sebagainya.

Analoginya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa menggunakan properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik menulis tulisan SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 16 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Kejadian yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari user experiencenya.

Jika kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu kurang efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah konten yang tidak hanya panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang anda bahas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap artikel malah membantu user sebaiknya buat saja.

 16 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan


Banyak yang khawatir soal ini. Akibat takut peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 16 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kawan mengenalkan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas untuk suatu artikel.

kawan malah harus berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, sobat lagi membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kalian bisa memberi kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 16 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lain kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau sobat dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di artikel kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari sisi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ruh terpenting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu postingan.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama tulisan itu.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan tidak artistik.

Agar lebih mudah, kamu bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 16 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke bot yang melakukan crawling di halaman itu.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kawan memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang kamu unduh itu. Jika harus, kalian juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit potongan image supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Isi Media ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat isi, semakin besar peluang Google mendeteksi konten kawan sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.

Variasi Keyword ini membuat postingan sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan siap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang admin buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk membelinya kamu harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kamu hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian dapat merajai page one.

0 Response to "16 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel