16 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini saya tuliskan dalam poin pertama karena kita anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 16 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca ketika mereka mengunjungi blog kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, semakin lama dan betah mereka di website, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing pembaca, walaupun tidak memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten karena melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Seperti contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat ide konten sebab kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan not readable dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Solusi untuk hal itu.

Kalau sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 16 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat baik pula rangking di search engine.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan user maka silahkan saja.

 16 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir Serp webnya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kamu sebagai web yang bagus karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 16 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan anda menjual sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk suatu tulisan.

kalian malah kudu waspada jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Contoh, anda lagi membuat tips tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka anda dapat memberi kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 16 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lain kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika anda bisa mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada artikel kamu.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk user experience, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca tidak suka dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan gagasan terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu konten.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel tidak artistik.

Agar tidak menggangu, anda dapat menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.

Penempatan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 16 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada bot yang melakukan indeking di konten itu.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan menggunakan image dari Google, terlebih dahulu merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak sama dengan image yang sobat download tersebut. Kalau harus, anda juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda isi, semakin besar kemungkinan Google mengindek konten kawan menjadikannya artikel yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan artikel sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan di pejwan. Misalnya pada artikel yang admin buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik memakai alat canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat kamu membuat konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada artikel ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu bagus, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan anda hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel