16 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan seringkali trik bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami tuliskan dalam poin dasar karena kami pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 16 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu dapat memanipulasi backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca ketika mereka mengunjungi blog milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin menarik konten dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, walaupun tidak memakai produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik menulis artikel SEO Sobat, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Ini perlu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara mendalam.

Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per artikel malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

 16 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya biarkan saja, pasti yang memberi saran kurang update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Sesuai


Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking webnya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat blog sobat sebagai situs yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 16 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau kawan merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari suatu artikel.

kalian malah wajib waspada kalau seringnya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Misal, kamu sedang membuat trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 16 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Contoh lagi jika kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kamu dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. sobat juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.

Namun dalam kenyataannya, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca bingung dan langsung pergi karena artikel yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna elemen-elemen paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel tidak artistik.

Agar tidak menggangu, anda bisa memasukkan keyword sobat di meta deskripsi untuk user wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 16 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari artikel pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke mesin yang melakukan crawling pada halaman itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika anda menggunakan image dari Google, sebaiknya mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak sama dengan image yang kamu unduh itu. Jika bisa, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit sayatan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan isi, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kamu menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing menempati page one. Seperti pada artikel yang admin buat ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat harus membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten postingan yang SEO friendly untuk mencari perhatian bot engine itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page konten kalian hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, ditambah si raksasa Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian bisa merajai page one.

0 Response to "16 Tips Membuat Artikel SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel