16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Metode menulis konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun karena masih merajai di pencarian masih digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dari ahli Seo, berikut ini adalah trik membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah artikel adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau konten yang menarik tapi,, user experience mustahil dimanipulasi karena diluar kontrol kamu selaku pemilik web. So, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna ketika mereka menjelajahi situs kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Logikanya, tambah lama dan enjoy mereka di website, itu artinya makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing pembaca, walaupun tanpa memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun tips penulisan artikel SEO Anda, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Kejadian yang sering terjadi di blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras menulis artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu bahas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

 16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Sesuai


Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kamu sebagai blogs yang keren karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

 16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

External link ke situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kalian merekomendasikan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah tulisan.

anda malah kudu waspada kalau persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kawan sedang membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Contoh lagi kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kalian dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk segi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca bingung dan langsung pergi akibat konten yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat pokok paling penting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu postingan.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama artikel itu.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel kurang indah.

Untuk mengakalinya, kawan bisa menempatkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pengguna wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada mesin yang melakukan crawling di tulisan itu.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kalian memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya merubah nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak duplikat dengan gambar yang kalian download itu. Kalau perlu, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit potongan image supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian ulas, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten sobat menjadikannya artikel yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Membuat konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel unik dan kuat bersaing di pejwan. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai alat keren ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel konten yang SEO friendly guna menarik visitor itu wajar, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan memakai trik optimasi on-page konten kalian hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma search engine telah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel