16 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Cara menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah expired, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dari pakar Seo, berikut ini merupakan cara membuat tulisan yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah penulisan yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 16 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kawan bisa menggenerate backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena selain kontrol kamu sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.

Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi website milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang user klik, dan sebagainya.

Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tidak memakai produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Seringnya website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Tidak sulit jika Anda user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 16 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Jika judul Anda tidak jelas dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras membuat artikel panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut kurang efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu ulas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link per konten malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

 16 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih tips tidak update ilmu SEOnya.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan


Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir peringkat webnya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kawan ke web-web authority yang relevan dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat web kawan sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 16 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (jika kalian menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai untuk sebuah tulisan.

kawan malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 16 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, kalian lagi menulis trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kalian dapat memberi istilah-istilah yang mempunyai arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 16 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Contoh lagi kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika kawan bisa memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. anda juga bisa memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena artikel yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan pokok paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu postingan.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, kamu bisa menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau user wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 16 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke robot yang bekerja indeking di konten tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kalian memakai image dari Google, pastikan mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang sobat download tersebut. Jika perlu, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, semakin mantap peluang Google mengindek konten anda sebagai tulisan yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mantap bersaing di page one. Seperti pada artikel yang saya posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat harus membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kalian cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan sobat dapat merajai page one.

0 Response to "16 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel