16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Metode menulis konten website di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan seringkali trik bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan tips membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat sebab diluar kendali kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin menarik isi dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa memakai properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik menulis artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini harus dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Biasanya situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten intinya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Click bait seringkali diperlukan untuk pembuatan konten asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Namun kalau dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Mungkin Anda pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine pasti membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Jika judul Anda kaku dan tidak enak dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir Serp webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah tulisan.

sobat malah kudu waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kalian lagi menulis trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Serupa di atas, jika kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kamu dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. anda juga dapat menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting di tulisan kamu.

Namun pada prakteknya, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan itu.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kawan dapat menyisipkan keyword anda di meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling pada search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang bekerja crawling di konten yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kawan menggunakan image dari Google, terlebih dahulu merubah nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak sama dengan gambar yang kawan unduh tersebut. Kalau harus, kalian juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit sayatan image agar file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan kamu sebagai konten yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kawan menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu bisa membuat ribuan artikel unik dan siap bertahan menempati pejwan. Seperti pada artikel yang kita buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu bagus, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan sobat hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan anda bisa merajai page one.

0 Response to "16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel