16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Terkadang tulisan yang dibagikan juga sudah expired, tetapi sebab masih ada di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dari pakar Seo, berikut ini adalah trik menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya tuliskan dalam poin pertama karena kita pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat membuat backlink atau judul yang menarik namun,, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kamu. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka surfing blog milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing kamu, meski tidak memakai alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun teknik penulisan artikel SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Ini wajib dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Seringnya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu bahas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten malah membantu pembaca maka silahkan saja.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih tips tidak update ilmu SEOnya.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Karena khawatir ranking blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs sobat sebagai web yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu mengenalkan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi nilai dari sebuah artikel.

kamu malah wajib waspada kalau seringnya keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Misal, kamu sedang membuat trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lain jika sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau sobat bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.

Namun dalam prakteknya, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang dituju saja.

Memang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari segi user experience, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, kalian bisa menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada bot yang melakukan crawling di konten yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak sama dengan gambar yang anda download tersebut. Jika bisa, anda juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web .

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan ulas, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kamu menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.

Ragam Keyword ini membuat konten kamu menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern


Membuat konten adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang admin posting ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu baik, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan anda cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu dapat merajai page one.

0 Response to "16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel