Cara penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.
Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali trik bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan trik membuat artikel yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini saya tuliskan dalam poin dasar karena kami pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kawan bisa menciptakan backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience sangat susah dibuat buat karena selain kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon pengguna ketika mereka surfing situs milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing sobat, walaupun tanpa menggunakan produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun teknik penulisan tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Peletakan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Kalau kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu kurang berhasil.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda ulas dapat lebih luas dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap artikel malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya abaikan saja, pasti yang ngasih tips kurang update pengalaman SEOnya.
Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Banyak.
Apakah mereka dibanned Google ? No.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (jika sobat mengenalkan produk/jasa).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas dari sebuah artikel.
anda malah wajib waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Misal, kalian lagi membuat trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika anda menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika sobat bisa memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kalian juga dapat memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dibaca aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan pokok paling penting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama tulisan itu.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang seni.
Agar tidak menggangu, kawan dapat menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk user wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang melakukan crawling di konten tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kawan menggunakan image dari Google, pastikan merubah judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak duplikat dengan image yang kalian download itu. Jika bisa, kamu juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web ketika dibuka.
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang anda berikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi artikel anda menjadikannya artikel yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu konten.
Variasi Keyword ini menjadikan postingan kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat konten yang modern
Membuat artikel adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bersaing menempati page one. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan alat keren ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada tulisan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu wajar, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan sobat cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kawan bisa merajai page one.
0 Response to "16 Cara Membuat Konten SEO Friendly"
Catat Ulasan