Teknik penulisan artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah expired, namun karena masih nongkrong di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan cara membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kita masukkan sebagai poin paling penting karena saya pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau judul yang klikable tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine milik google.
Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi situs kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing user, meski tanpa menggunakan properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun cara pembuatan artikel SEO Sobat, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.
2. Pakai Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Fenomena yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras membuat konten panjang cuma agar memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam artikel
Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka abaikan saja, pasti yang memberi tips tidak update ilmu SEOnya.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan
Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut peringkat webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog anda sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau kawan merekomendasikan sesuatu).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya anda tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk suatu postingan.
kawan malah harus berhati-hati kalau tingginya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Sebagai Contoh, kawan sedang membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi kalian dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lain kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kalian dapat mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kawan juga bisa menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Cara yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada tulisan kamu.
Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dibaca membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama artikel itu.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, kalian bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi untuk user wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika membuka situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca konten kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke robot yang melakukan crawling di tulisan yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kamu menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya merubah judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang kalian download itu. Kalau perlu, anda juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit editan image agar file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa memberatkan loading web ketika dibuka.
14. Isi Media ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian ulas, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten kalian menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar konten.
Inonasi Keyword ini membuat konten anda menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator konten yang modern
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang admin posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang kita buat pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu bagus, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page konten kawan cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma search engine sudah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kamu dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"
Catat Ulasan