15 Tutorial Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Teknik penulisan konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya bisa digunakan dan ada beberapa bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan cara membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini admin masukkan dalam poin paling penting karena kita anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 15 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu dapat membuat backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab selain kendali kamu selaku pemilik web. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka surfing blog kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tidak memakai produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun trik penulisan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 15 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Seringnya website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras menulis artikel panjang hanya supaya memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah tulisan yang tidak hanya panjang , namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

 15 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir ranking webnya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs sobat sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 15 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu menjual produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk sebuah artikel.

kawan malah wajib waspada kalau seringnya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 15 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Contoh, kalian lagi membuat tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 15 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Serupa di atas, jika kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kamu bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kamu juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.

Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dilihat membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama artikel itu.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, sobat bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 15 Tutorial  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada robot yang melakukan crawling pada konten itu.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kawan menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak duplikat dengan image yang kalian unduh itu. Kalau bisa, kamu juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat isi, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan sobat sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Variasi Keyword ini membuat konten kamu jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang modern


Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel unik dan siap bersaing menempati page one. Seperti pada artikel yang admin posting ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika kamu membuat tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada artikel ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten anda cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin modern, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu bisa merajai page one.

0 Response to "15 Tutorial Membuat Tulisan Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel