15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Metode menulis konten website di internet memang beragam. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Terkadang artikel yang dibagikan juga telah expired, namun hanya akibat masih merajai di page one tetap digunakan. Banyak faktor yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dibuat ahli Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari suatu website yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab selain kendali kita selaku pemilik web. So, tidak salah kalau inilah salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.

Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing situs milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kamu, walaupun tanpa menggunakan produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun tips menulis tulisan SEO Kawan, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini perlu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus intinya kata pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Gunakan Title yang Mengundang Klik


Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Kalau Anda pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di search engine.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu bersikeras menulis artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu kurang tepat.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel maka abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per artikel ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir peringkat webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog anda sebagai web yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kamu merekomendasikan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kalian tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas dari suatu tulisan.

sobat malah kudu berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kawan sedang membuat tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lagi kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kamu dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. sobat juga dapat menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat ide terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama konten itu.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang indah.

Untuk mengakalinya, kalian bisa memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau user wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika googling di search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang bekerja crawling pada halaman tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kamu memakai gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak sama dengan gambar yang sobat download tersebut. Kalau perlu, kalian juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek artikel kawan sebagai tulisan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat postingan sobat jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang canggih


Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan artikel unik dan siap bersaing di pejwan. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada postingan ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan kamu hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin pintar, ditambah si raksasa Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kamu bisa merajai page one.

0 Response to "15 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel