15 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Cara menulis konten website di internet memang beragam. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dari master Seo, di bawah ini adalah tips membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat dapat memanipulasi backlink atau konten yang menarik tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena diluar kendali kamu sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang user klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing user, meski tidak memakai alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara penulisan tulisan SEO Anda, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini perlu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Umumnya yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap artikel malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut Serp blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kamu sebagai web yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (jika kalian menjual sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk sebuah postingan.

kalian malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Misal, kalian lagi menulis tips tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka anda bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Serupa di atas, kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kalian dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kawan juga dapat memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor silau dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic biasanya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan ide terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kamu dapat menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari artikel di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke bot yang melakukan indeking di tulisan yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika anda menggunakan gambar berasal dari Google, sebaiknya merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak sama dengan image yang anda download tersebut. Kalau perlu, kalian juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian isi, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kawan sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu konten.

Variasi Keyword ini membuat tulisan anda jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan tulisan unik dan siap bersaing di page one. Seperti pada artikel yang kita posting ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai tool canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada artikel ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kalian cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel