15 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, tetapi karena masih ada di page one tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dari ahli Seo, di bawah ini adalah tips menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini admin masukkan dalam poin dasar karena kami pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat bisa membuat backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab diluar kontrol kita sebagai penulis konten. So, tidak heran jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi situs sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing kamu, walaupun tidak menggunakan produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai ratu.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten alasannya tergantung dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun konten asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Mungkin sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine seringnya membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Jika judul Anda tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras menulis artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah tulisan yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena takut Serp blognya turun kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kamu ke web-web authority yang relevan dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web kamu sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

External link ke web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kalian mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah artikel.

kawan malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Misal, kawan lagi menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Contoh lain jika sobat menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau sobat dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. sobat juga bisa memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting di artikel kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung silau dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dibaca tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat gagasan terpenting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu halaman.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, anda bisa memasukkan keyword anda di meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling di mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling di halaman tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kamu memakai gambar dari Google, sebaiknya mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak sama dengan gambar yang kawan download itu. Jika harus, sobat juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit editan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan sajikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kawan menjadikannya postingan yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang relevan.

Selain itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar artikel.

Variasi Keyword ini membuat tulisan kamu menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan artikel unik dan mantap bersaing di pejwan. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada tulisan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly guna mencari perhatian search engine itu wajar, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kawan hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat bisa merajai page one.

0 Response to "15 Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel