15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Ternyata...

Metode penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin tuliskan dalam poin pertama karena admin anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Ternyata...

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi blog kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing user, walaupun tanpa memakai properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Sobat, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini wajib dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Ternyata...

Seringnya website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda bahas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Ternyata...

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Newbie seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kamu ke web-web authority yang relevan dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog kawan sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Ternyata...

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama anda merekomendasikan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk suatu tulisan.

kawan malah wajib waspada jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Ternyata...

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, anda lagi membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Ternyata...

Contoh lagi kalau anda menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kalian dapat mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kawan juga bisa memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik ampuh yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.

Namun dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk sisi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor silau dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ruh terpenting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kamu dapat memasukkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Ternyata...

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat mendatangi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada mesin yang melakukan indeking pada tulisan itu.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika anda menggunakan gambar dari Google, pastikan merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang kalian download itu. Kalau perlu, anda juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, semakin mantap peluang Google mengindek artikel sobat sebagai konten yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat konten anda menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang canggih


Menciptakan artikel adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan mampu bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, kita mengutip konten rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu baik, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page artikel anda cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kamu bisa merajai page one.

0 Response to "15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Ternyata..."

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel