15 Trik Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Metode menulis artikel banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga telah expired, namun hanya akibat masih ada di pencarian tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dibuat pakar Seo, di bawah ini merupakan trik membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kita masukkan sebagai poin pertama karena kami pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 15 Trik  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena selain kendali kita sebagai penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka menjelajahi website sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tanpa memakai alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi se-expert apapun cara penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini perlu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 15 Trik  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun judul konten sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan tampak kurang ciamik dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Bagi Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 15 Trik  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis artikel panjang hanya untuk memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu kurang efektif.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca sobat maka silahkan saja.

 15 Trik  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, pasti yang memberi trik kurang update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Relevan


Banyak yang khawatir soal ini. Karena khawatir Serp webnya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kawan ke web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog sobat sebagai web yang bagus karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 15 Trik  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

External link ke situs yang sesuai dengan topik artikel juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (jika anda merekomendasikan sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari suatu tulisan.

kamu malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Trik  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Misal, kalian sedang membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 15 Trik  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Serupa di atas, kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika sobat bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kalian juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca tidak suka dan langsung pergi karena artikel yang dilihat kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. sobat bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama konten tersebut.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan tidak artistik.

Agar lebih mudah, sobat dapat menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 15 Trik  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke robot yang bekerja crawling pada konten yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika anda memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak sama dengan gambar yang sobat download itu. Jika harus, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan berikan, semakin besar peluang Google mengindek artikel anda menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan konten unik dan siap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada postingan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai trik optimasi on-page tulisan kalian cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Trik Membuat Tulisan Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel