15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan tetap dipakai. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dari ahli Seo, di bawah ini merupakan tips membuat artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya masukkan dalam poin dasar karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka menjelajahi website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik konten dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing pembaca, walaupun tidak menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun teknik menulis artikel SEO Anda, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kejadian yang sering terjadi di website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku karena tergantung dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika membuat ide artikel sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan tidka menyatu dan aneh ketika dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Kalau Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

 15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di search engine.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu bersikeras membuat tulisan panjang hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap artikel malah memudahkan visitor maka silahkan saja.

 15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink website per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp webnya jatuh jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web sobat sebagai blogs yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

 15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kamu merekomendasikan sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas dari suatu artikel.

sobat malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Contoh, kawan lagi menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kawan dapat memberi kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Serupa di atas, jika anda menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. sobat juga bisa memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Tapi dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dibaca membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ide paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu postingan.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, kawan bisa menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada bot yang melakukan crawling di konten yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kalian memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang sobat download itu. Kalau harus, anda juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi konten anda menjadikannya artikel yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan sobat menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang canggih


Menciptakan konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan tulisan unik dan mampu bertahan menempati page one. Seperti pada konten yang saya posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan tool keren ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang kita buat pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik perhatian search engine itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel kamu hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel