15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar
Khamis, 21 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun hanya akibat masih nongkrong di pejwan tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting
Dari master Seo, di bawah ini merupakan cara menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin tuliskan sebagai poin pertama karena admin pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pembaca ketika mereka surfing website kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang user klik, dan sebagainya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing kamu, meski tanpa menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips penulisan artikel SEO Milikmu, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
Ini harus dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus intinya kata pada pencarian agar tetap utuh.
Seperti contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat judul artikel karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi tidak terbaca dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Tidak sulit jika kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

Kalau judul kamu kaku dan kurang menarik ketika dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.
Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link tiap konten malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, pasti yang memberi trik tidak update ilmu SEOnya.
Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir ranking blognya turun jika memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kalian ke situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs sobat sebagai situs yang keren karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama sobat mengenalkan sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari suatu tulisan.
kamu malah wajib waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, sobat sedang membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lagi kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika anda bisa mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kalian juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di artikel kita.
Tapi pada kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca bingung dan langsung pergi karena artikel yang dibaca kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ide terpenting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu konten.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, kawan dapat menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi kalau user wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari tulisan pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke mesin yang bekerja indeking pada konten tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau anda memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak sama dengan gambar yang kawan unduh tersebut. Kalau perlu, anda juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping image agar file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang anda isi, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kawan menjadikannya tulisan yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan postingan kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan konten unik dan mampu bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan tool supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa merajai page one.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun hanya akibat masih nongkrong di pejwan tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting
Dari master Seo, di bawah ini merupakan cara menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin tuliskan sebagai poin pertama karena admin pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pembaca ketika mereka surfing website kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang user klik, dan sebagainya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing kamu, meski tanpa menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips penulisan artikel SEO Milikmu, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Gunakan Keyword di Judul Artikel
Ini harus dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Seo Friendly
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus intinya kata pada pencarian agar tetap utuh.
3. Gunakan Title yang Mengundang Klik
Seperti contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat judul artikel karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi tidak terbaca dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Tidak sulit jika kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

Kalau judul kamu kaku dan kurang menarik ketika dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link tiap konten malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, pasti yang memberi trik tidak update ilmu SEOnya.
Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar yang Sesuai
Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir ranking blognya turun jika memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kalian ke situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs sobat sebagai situs yang keren karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama sobat mengenalkan sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari suatu tulisan.
kamu malah wajib waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, sobat sedang membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lagi kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika anda bisa mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kalian juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di artikel kita.
Tapi pada kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca bingung dan langsung pergi karena artikel yang dibaca kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ide terpenting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu konten.
11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, kawan dapat menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi kalau user wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari tulisan pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke mesin yang bekerja indeking pada konten tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau anda memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak sama dengan gambar yang kawan unduh tersebut. Kalau perlu, anda juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping image agar file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .
14. Pengunaan Media ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang anda isi, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kawan menjadikannya tulisan yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan postingan kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan konten unik dan mampu bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan tool supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa merajai page one.
0 Response to "15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan