15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Metode menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih ada di page one tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dibuat ahli Seo, di bawah ini adalah trik menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari suatu website adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu bisa membuat backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak salah kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka surfing website milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing sobat, meski tanpa memakai alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun trik pembuatan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini wajib dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras menulis konten panjang cuma supaya memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu kurang berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda bahas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs anda sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kawan menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas dari sebuah artikel.

kamu malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Misal, kamu lagi membuat tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan kata kata mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lagi jika kalian membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kamu bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. anda juga dapat menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada kata yang diinginkan saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. sobat bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan gagasan terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat artikel tidak artistik.

Agar lebih mudah, kalian dapat menyisipkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke robot yang bekerja indeking pada tulisan yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang kalian unduh itu. Kalau bisa, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit editan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda isi, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten kalian sebagai artikel yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang relevan.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat konten anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan siap bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang saya buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai alat keren ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang saya buat pada konten ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu wajar, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page konten kawan cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin modern, apalagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kamu dapat merajai page one.

0 Response to "15 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel