15 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan ada trik bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dibuat master Seo, di bawah ini adalah tips menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin tuliskan sebagai poin dasar karena saya pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat dapat menggenerate backlink atau konten yang menarik tapi,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka surfing website kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Logikanya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tanpa menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun tips pembuatan artikel SEO Sobat, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Biasanya website-website lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu kurang tepat.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara mendalam.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link per konten malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Sesuai


Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut peringkat blognya turun jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kawan sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama sobat merekomendasikan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk suatu tulisan.

sobat malah kudu waspada jika persentase keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, sobat lagi menulis tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Serupa di atas, jika kalian menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika anda dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting pada tulisan kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung bingung dan langsung pergi karena artikel yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk ruh terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel tidak artistik.

Agar tidak menggangu, anda bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang bekerja crawling pada konten yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kamu menggunakan gambar dari Google, sebaiknya mengganti nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang anda unduh itu. Jika harus, kamu juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Isi Media ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan berikan, tambah besar peluang Google mendeteksi tulisan anda sebagai postingan yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.

Variasi Keyword ini membuat postingan kawan menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang modern


Membuat artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel unik dan kuat bertahan di page one. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada artikel ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel anda hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata..."

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel