15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Metode menulis artikel banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah expired, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dari master Seo, berikut ini adalah trik membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing pembaca, meski tanpa menggunakan properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun tips pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Ini kudu dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Kejadian yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Gunakan Judul yang Clickbait


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menyusun konten asal tidak over. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Bagi sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Kalau judul kamu tidak jelas dan tidak menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut kurang tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu konten yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link per post malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Sesuai


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut ranking webnya turun jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kalian sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau kamu menjual sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai untuk suatu tulisan.

sobat malah kudu berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, anda sedang menulis trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kalian bisa menambahkan kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Serupa di atas, kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau sobat dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.

Namun pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun untuk sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan pokok terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu artikel.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, anda bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling di search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke bot yang melakukan indeking di tulisan tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kalian memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image sobat tidak duplikat dengan image yang anda download tersebut. Jika bisa, kawan juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit cropping image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu ulas, tambah besar peluang Google mendeteksi tulisan kalian menjadikannya konten yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini membuat konten kalian jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan konten unik dan kuat bersaing menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page postingan anda cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat merajai page one.

0 Response to "15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel