15 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Metode menulis konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dari pakar Seo, berikut ini merupakan tips membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita masukkan sebagai poin dasar karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 15 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena diluar kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon pembaca saat mereka surfing blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing user, meski tidak menggunakan produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun tips menulis artikel SEO Sobat, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini perlu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 15 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Seringnya situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku alasannya melihat dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Mungkin kamu pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih enak dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 15 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di search engine.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut kurang efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang anda bahas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per post malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

 15 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Karena takut peringkat blognya turun kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan menganggap web sobat sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 15 Cara Membuat Konten SEO Friendly

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kalian merekomendasikan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari suatu tulisan.

kamu malah wajib waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, kawan lagi membuat trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 15 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Serupa di atas, kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kalian bisa mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. sobat juga bisa memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari segi user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor silau dan langsung pergi karena artikel yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk pokok paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, kalian bisa memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pengguna wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 15 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika membuka situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari tulisan pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang bekerja crawling pada tulisan yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kalian memakai image dari Google, pastikan merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image anda tidak duplikat dengan gambar yang sobat unduh itu. Kalau bisa, kawan juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian isi, semakin besar kemungkinan Google mengindek konten anda menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.

Ragam Keyword ini membuat konten kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang canggih


Membuat artikel adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan siap bersaing di page one. Seperti pada konten yang admin buat ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari visitor itu wajar, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel anda hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Cara Membuat Konten SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel